Senin, 18 Mei 2015

SISTEM OPERASI MOBILE



ANDROID
Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Kelebihan Android OS :
·                     Open Source, alias gratis, sehingga para developer aplikasi Android OS tidak perlu bayar untuk membuat aplikasi untuk Android. Tidak seperti iPhone atau Windows Mobile yg mengharuskan pada developer membayar untuk membuat aplikasinya.
·                     Karena pengembangannya gratis, maka aplikasinya pun rata2 gratis, sehingga tidak perlu bayar untuk men-donwnload dan menginstall aplikasi di Android.

Kekurangan Android OS:
·                     Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android, tidak seperti iPhone atau WinOS yg bejibun aplikasinya
·                     Bagi orang yg belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan

BLACKBERRY
BlackBerry OS adalah Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry . Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.
Kelebihan Blackberry OS:
·                     Merupakan multiple Push Email yang terbaik saat ini,
·                     Sinkronisasi nirkabel (tanpa kabel seperti Bluetooth dan infra red) yang lengkap

Kekurangan Blackberry OS:
·                     Browser Web masih kurang bagus,
·                     Ada biaya tambahan untuk menikmati layanan BlackBerry yg kita pakai,  sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi

WINDOWS PHONE
Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile, meski tidak kompatibel lagi. Sistem operasi ini pertama diluncurkan bulan Oktober 2010 dan diluncurkan di Asia pada awal 2011.
Kelebihan Windows Phone:
·                     Memiliki interface yang berbeda dibandingkan dengan interface smartphone lainnya.
·                     Melalui account Windows Live tersedia layanan mail, contact, calender. Pengguna juga bisa mengakses layanan toko online-nya (Marketplace) dan fasilitas keamanan gratis.


Kelebihan Wndows Phone:
·                     Microsoft melakukan perubahan radikal pada sistem baru ini. Misalnya, aplikasi pihak ketiga(third party) tidak boleh aktif dilatar belakang, tidak ada folder, akses file multimedia harus melalui Zune, dan data Office harus disimpan dilayanan online SkyDrive.
·                     Memang karena masih baru, semau potensi platform mobile ini belum optimal.

APPLE IOS/MAC OS
 iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV.

Kelebihan Mac OS :
·                     Pada konsepnya Sistem operasi ini dirancang memiliki keunggulan untuk game, koleksi game yang tersedia sangat banyak dengan kualitas hampir mendekati konsol game yang sesungguhnya serta ditunjang kualitas grafis yang diatas standar level,
·                     Sistem operasi stabil dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun,

Kekurangan Mac OS:
·                     Tidak multitasking,

·                     Sistem operasi sangat tertutup dan tidak bisa dipersonalisasi

0 komentar:

Posting Komentar